A Merrier Party with Gisela’s Drawing

Mempunyai kemampuan membuat ilustrasi membuatnya berpikir lebih untuk menunjukkan karyanya. Gisela dapat membuat ilustrasi apa saja, tapi ia sering menjadikannya dekorasi untuk pesta. Apapun temanya, ia bisa membuat pesta kamu menjadi lebih meriah dan lebih hidup.

Sejak kapan mulai tertarik dan akhirnya terjun ke dunia ilustrasi?

Saya mulai menggambar sejak umur 5 tahun. Seingat saya, saya selalu punya banyak cerita di kepala saya dan berusaha untuk menyampaikannya melalui gambar. Pada kelas 6 SD, saya sudah mulai membuat komik sendiri. Waktu SMP, sudah memiliki beberapa judul komik buatan sendiri yang diedarkan di kalangan teman sekolah. Selesai kuliah jurusan seni rupa dan desain, saya bekerja di periklanan dan graphic house, baru serius menekuni ilustrasi sebagai profesi pada tahun 2013.

Apa saja kegiatan kamu sekarang sebagai ilustrator?

Sebagian besar waktu saya digunakan untuk mengerjakan order-order yang masuk pada malam hari (karena perbedaan zona waktu). Sambil diselangi dengan mengurus marketing, website, produksi, dan menjawab pertanyaan klien. Saya biasanya membuat ilustrasi pada tengah malam, dimana suasana tenang dan semua sudah tertidur.

Apa yang paling disukai dari ilustrasi?

Menurut saya, ilustrasi adalah cara yang cepat untuk menciptakan sesuatu dan mengekspresikan sebuah ide. Dengan ilustrasi, saya dapat membuat dunia ini lebih indah untuk diri sendiri dan orang lain. Ilustrasi juga salah satu cara untuk menyampaikan sesuatu dengan sedikit kata maupun tanpa kata sama sekali. Ilustrasi termasuk karya seni yang dapat masuk dengan mudah di masyarakat.

Hal apa yang paling disukai untuk digambar?

Saya senang menggambar objek manusia.I think people have so many stories and are unique each in their own way.Setiap detail pada seseorang sangat menarik dan tidak ada habisnya untuk digambar, pakaian yang mereka kenakan, sepatu yang mereka pilih hari itu, kejadian-kejadian yang membentuk hidup mereka. Everything is just interesting about people. I can do realist style, tapi saya juga senang membuat mereka tampak seperti karakter dalam buku cerita anak-anak.

Berapa jam dalam sehari kamu menggunakan waktu untuk menggambar?

Tergantung, saya biasanya menggunakan waktu untuk melakukan riset dan menggarap sebuah ide terlebih dahulu. Ketika saya mulai menggambar, waktu yang dihabiskan bervariasi dari 30 menit — 2 minggu, kalau dipecah, sekitar 3–5 jam sehari.

Kamu banyak berkarya dengan ilustrasi untuk dekorasi pesta, mengapa memilih dekorasi pesta?

Ulang tahun adalah satu hari dalam hidup seorang anak, dimana mereka bisa menjadi siapa saja. Saya berharap melalui karya yang saya buat, saya dapat mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Membuat dekorasi pesta adalah salah satu cara saya dalam mewujudkan mimpi anak-anak untuk menjadi tokoh yang mereka kagumi atau melakukan hal yang mereka sukai.

Dengan membayangkan perasaan anak-anak itu ketika melihat dekorasi yang saya buat, sudah membuat rewardtersendiri untuk saya.

Membuat dekorasi pesta juga menjadi cara bagi saya untuk mempertahankan dan mengasah imajinasi seperti seorang anak, dimana bagi mereka, segala hal itu menarik dan mungkin terjadi.

Bagaimana mencari inspirasi agar bisa terus kreatif membuat karya?

Saya mendapat inspirasi dari banyak hal, dari menonton film, membaca buku, jalan-jalan, percakapan, bermain bersama anak-anak. Kadang kalau lagi kehabisan ide, saya hanya corat-coret/doodles, ini juga salah satu cara efektif untuk mendapatkan ide. Namun, inspirasi terbesar saya datang dengan mengamati alam semesta, yang merupakan karya kreator terbesar kita, yaitu Tuhan.

Komunikasi adalah hal penting bagi freelance illustrator dan klien, bagaimana cara berkomunikasi dengan klien untuk menghindari kesalahpahaman?

Dengan mendengar. Penting untuk mendengar dan memahami terlebih dahulu keinginan klien tanpa mengoreksi maupun menginterupsi. Baru untuk selanjutnya, saya menawarkan pilihan solusi dan menjelaskannya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Saya membiasakan diri untuk selalu bersikap profesional ke klien pada saat menjawab email maupun pertanyaan lisan. Tujuannya agar terbangun relasi dan pola kerjasama yang baik untuk jangka panjang.

Painting illustration or thematic kit party, Giselawill make it livelier and fun for you.See her other artworks in Moselo!

*Artikel ini dimuat di journal.moselo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *