Berekspresi dengan Ilustrasi ala Lugu Gumilar

Lugu Gumilar adalah seniman visual yang saat ini berdomisili di Denpasar. Ia mengerjakan beragam ilustrasi, salah satunya adalah mural, baik berupa hand lettering atau pun gambar. Passionnya pada ilustrasi bisa dilihat dengan jelas dari hasil karyanya.

Sejak kapan kamu tertarik dengan ilustrasi dan desain visual?

Seingat saya, sejak orangtua membebaskan saya menggambar dimana saja. Mereka kemudian mendukung sepenuhnya keputusan saya menempuh studi komunikasi visual dan sekarang menjalani profesi seniman dan desainer grafis purnawaktu.

Apa yang paling kamu suka dari ilustrasi dan desain visual sebagai passion?

Ilustrasi dan desain visual buat saya adalah cara paling pas untuk berkomunikasi daripada secara verbal. Apa yang ada di kepala saya bisa dengan jelas saya sampaikan dengan karya saya.

Bagaimana kamu mendapatkan inspirasi dalam berkarya?

Seringnya dari apa yang saya lihat dan alami. Seperti ketika jalan kaki ke tempat-tempat baru, atau ketika mengalami hal-hal yang mendukung suasana hati. Serta dari hal-hal menarik di internet.

Menurutmu, apa yang harus dimiliki seorang seniman visual selain skill desain itu sendiri?

Pastinya perilaku yang baik, disiplin waktu, profesionalisme, dan selera yang bagus.

Bagaimana menurutmu terhadap pandangan orang tentang dunia seni yang yang tidak menghasilkan uang? Apa yang membuatmu tetap di jalur ini?

Orang yang memandang seperti itu berarti belum paham sepenuhnya tentang dunia seni. Saya sendiri berusaha fleksibel dalam berkarya; pertama, karya yang saya buat punya tujuan bermanfaat buat orang lain. Kedua, karya yang dibuat bisa memberikan kesenangan untuk kita sendiri. Itu yang membuat saya bertahan menjadi seniman sampai saat ini.

Apa tantangan terbesar sebagai seorang seniman visual?

Tantangan terbesar adalah menjaga suasana hati dalam berkarya dalam kondisi apapun, serta menjaga konsistensi.

*Artikel ini dimuat di journal.moselo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *