Bridal Shower Cara Baru Merawat Pertemanan Masa Kini

Belakangan ini tradisi bridal shower sedang marak diadopsi oleh geng wanita untuk melepas salah satu temannya yang akan menikah. Acara ini juga makin dianggap penting, sebab mereka beranggapan jika sudah menikah, tidak bisa menikmati kebersamaan layaknya melajang dahulu.

Jamaknya, acara bridal shower yang selama ini ada di Indonesia berjalan dengan rangkaian acara seperti ini: mengejutkan calon pengantin, menjahili, bergosip, memenuhi galeri HP dengan berfoto-foto ria. Tak lupa juga, sesi “menghukum” sang calon pengantin dengan memakai hal-hal aneh di depan publik.  Bridal shower menjadi ajang para teman untuk mengerjai calon manten sebelum berstatus menjadi istri orang. Bridal Shower yang sedang naik daun ini berkembang menjadi indikator kedekatan pertemanan.

Budaya Asli Eropa untuk Membantu Finansial

Bridal shower yang secara historis merupakan budaya asli kawasan Eropa dan Amerika Utara. Di Eropa, kegiatan bridal shower ini bertujuan untuk membantu calon pengantin wanita untuk dapat menyelenggarakan pernikahan. Menurut sejarahnya, pertama kali bridal shower diadakan pada abad ke 16 di Belanda, ketika itu ada seorang wanita dari keluarga terpandang hendak menikahi seorang pria miskin. Namun pihak keluarga wanita menolak memberikan modal untuk menikah. Akhirnya teman-teman dari wanita tersebut mengadakan patungan untuk pernikahan tersebut. Bantuan yang diberikan berupa uang dan perlengkapan rumah tangga.

Sementara di Amerika Utara, seperti di Amerika Serikat, dan Kanada, budaya bridal shower adalah acara  untuk berbagi suka cita kebahagiaan pada calon mempelai yang akan menikah dalam waktu dekat. Di Indonesia, awalnya perayaan bridal shower dilakukan oleh kalangan atas untuk memberikan selamat kepada calon pengantin wanita.

Merogoh Kocek yang Tak Murah

Bridal shower seiring zamannya mengalami perubahan makna dari yang semula. Untuk membuat sebuah acara bridal shower teman-teman dari mempelai wanita akan menyiapkan pernak-pernik yang lazimnya seperti kue, balon, selempang, mahkota, dan pastinya menyewa sebuah tempat yang Instagramable untuk mendukung suasana. Tak lupa juga membuat sebuah tema-tema tertentu yang didukung pula dengan dress code yang harus dikenakan.

Semua hal tersebut tak cukup dirogoh dengan kocek yang murah. Sekalipun dilakukan dengan saling patungan. Menurut data yang dihimpun oleh tirto.id sekali melangsungkan acara bridal shower bisa menghabiskan biaya hingga 15 juta lebih sekali perayaan. Tentu besarnya pengeluaran yang mesti dirogoh tiap orang berbeda-beda tergantung pula bentuk acara dan juga jumlah keterlibatan orang di dalamnya. Setidaknya kamu mesti mengeluarkan setdaknya ratusan ribu untuk ambil bagian memeriahkan pelepasan masa lajang teman wanitamu. Mungkin terdengar mahal, tapi bukannya kamu akan melakukan apa saja untuk kebahagiaan teman, bukan?

Patokan Kedekatan Pertemanan

Biasanya acara bridal shower di Indonesia diadakan oleh orang-orang terdekat calon mempelai wanita. Tak jarang perayaan bridal shower dijadikan parameter kedekatan dalam pertemanan. Sehingga akan muncul ungkapan bahwa jika tidak mengadakan perayaan bridal shower untuk sahabat yang akan menikah, berarti kita tidak menganggap orang tersebut sebagai bagian dari pertemanan. Dan kamupun turut bertanya-tanya jika salah satu temanmu tidak mengajakmu dalam acara bridal shower. 

Hal itu lahir karena fenomena yang lahir dari bridal shower di Indonesia. Di Indonesia acara bridal shower berakar dari pertemanan. Seiring berjalannya waktu, bridal shower dikukuhkan sebagai acara tradisi dalam pertemanan. Selain itu juga, peran media sosial makin mengkukuhkan bridal shower sebagai bagian dari tradisi pertemanan. Menurut penemuan dari Rebeca Swayer dalam tulisannya yang berjudul The Impact of New Social Media on Intercultural Adaptation, media sosial memengaruhi adaptasi antar budaya. Jika dikaitkan dengan fenomena bridal shower di Indonesia,media sosial  mempertemukan tradisi bridal shower ke seluruh lapisan masyarakat. Dan jadilah bridal shower sebagai patokan kedekatan pertemanan kita.

Bridal shower bisa menjadi hal yang mungkin akan memeberikan kesan kepada teman pengantinmu. Tapi tentu perayaan tersebut harus dibuat tanpa menghilangkan esensinya yaitu berbagi kebahagiaan antar teman. So, tak harus mahal asal berkesan kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *