“Bring Your Joy To Work” – Pearl S. Buck

Quotes di atas terdapat dalam buku Pearl S Buck yang terbit pada 1966 dengan judul The Joy of Children.

Pearl S Buck dan Kehidupannya

Pearl S Buck (1892-1973) adalah seorang penulis wanita non fiksi terkenal yang memenangkan penghargaan Pulitzer pada 1932, berkat karyanya yang berjudul The Good Earth. Ia pun menjadi wanita Amerika pertama yang menerima Nobel pada bidang sastra.

Pada masanya, Pearl termasuk penulis yang produktif  dengan pendekatan karyanya kepada ras-ras minoritas saat itu. Ia menentang status quo dan berani dengan lantang menyuarakan revolusi lewat karyanya.

Ia mempunyai pandangan yang jauh ke depan untuk wanita pada saat itu. Tak jarang ia pun mendapatan penentangan dari gereja-gereja atas buah pikirannya. Bukan hanya itu, Pearl juga menentang agresi luar negeri Amerika yang menurutnya tidak bertoleransi, tidak efektif. Tumbuh di Cina membuat ia mengetahui bagaimana dan seperti apa budaya dan kebiasaan orang-orang di sana.

Grant Wacker, penulis Pearl S. Buck and Waning of the Missionary Impulse, mencatat bahwa Pearl beranggapan “Anda mengirim seorang misionaris, muda dan tidak terlatih, ke negara asing yang sangat besar seperti Cina dengan bahasa yang benar-benar baru untuk dipelajari, kondisi hidup baru, sejarah yang luas, budaya yang berbeda, dan Anda memberinya waktu dua tahun untuk belajar tentang empat ribu tahun.”

Pearl dan Aksi Kemanusiaan

Pearl bukan hanya seorang penulis yang produktif dengan sederet prestasi. Lebih dari itu, ia juga aktif sebagai aktivis kemanusiaan.

Ia adalah seorang advokat yang sangat vokal menyarakan kesamaan hak antar ras, hak-hak kaum wanita, pengendalian kelahiran, pernikahan antar ras, dan isu-isu lainnya. Dampaknya bisa dirasakan diseluruh dunia, dan jauh sebelum para aktivis lain menyuarakan isu tersebut.

Tak hanya itu saja, Pearl juga aktif memperjuangkan bagaimana seharusnya ras Asia direpresentasikan terutama dalam film. Ia merasa tidak suka bagaimana rumah produksi Hollywood merepresentasikan ras Asia dengan “Wajah Kuning” yang diperankan pemeran berkulit putih. Hal itu seperti ketika salah satu dari novel terkenalnya diadaptasi menjadi sebuah film. Dia merindukan penerimaan Hollywood terhadap aktris-aktor berbakat Cina.

Bring Your Joy To Work

The Joy of Children adalah salah satu karya dari Pearl S Buck. Buku ini singkatnya bercerita tentang kehidupan kaum muda. Salah satu quotes terkenal dalam buku ini adalah “The secret of joy in work is contained in one word – excellence. To know how to do something well is to enjoy it.”

Apakah kamu setuju dengan kata-kata dari Pearl ?

Kebahagian yang dibawa saat melakukan pekerjaan sangat berdampak besar, tak hanya untuk diri sendiri saja, tapi juga mempengaruhi hasil pekerjaan, dan orang di sekitar kita juga. “Bersenang-senanglah” bisa menjadi mantra kamu. Pembawaan kamu yang gembira, bersemangat, antusias akan menghasilkan pekerjaan luar biasa.

Ini adalah salah satu kutipan yang bagus dari Pearl. Kita mungkin pernah menemui rekan kerja kita yang seperti robot, rekan yang seperti tidak senang dipekerjaannya. Percayalah, kita menghabiskan banyak waktu dalam pekerjaan bahkan mengahabiskan separuh hidup kita untuk itu. Membawa kesenangan kamu ketempat kerja akan membuat kamu menikmati bagaimana kamu menghabiskan waktu.

 

Jika kamu bisa membawa tubuh kamu bekerja selama delapan jam, mengapa tidak membawa hati dan pikiran kamu juga?

Kamu harus mempunyai tujuan melakukan sesuatu setiap hari dan merasa bangga atas itu. Membuat perbedaan positif dalam kehidupan, apapun yang kamu lakukan, temukan kegembiraan di sana.

Kegembiraan adalah faktor penting untuk menikmati pekerjaan. Jika kamu mengabdikan diri kamu dan merasa mencintai apa yang kamu lakukan, maka tak ada pekerjaan yang berat dan kamu dapat menghasilkan pekerjaan yang luar biasa. Itulah nilai positif yang coba ditularkan Pearl S. Buck dalam salah satu kutipannya agar kita membawa kebahagiaan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *