Kamera Ponsel: Bagaimana Aksesori Menjadi Hal Penting

Dari sekadar pelengkap, kamera ponsel berkembang menjadi sebuah keunggulan yang dijual setiap ponsel era ini.

Kamera ponsel belakangan menjadi hal yang berkembang sangat pesat, bahkan sejak kemunculannya kamera ponsel membuat penjualan kamera merosot. Kamera ponsel bukan lagi sekadar fitur pelengkap ponsel, melainkan telah menjadi sebuah keunggulan yang diperjualkan setiap perusahaan ponsel saat ini. Tiap bulan perusahaan ponsel berlomba-lomba mengeluarkan produk baru dengan menawarkan keunggulan pada fitur kamera. Lalu sebetulnya, bagaimana perjalanan kamera hingga menjadi seperti sekarang.

Kamera Ponsel Dalam Digit

0.11 MP adalah resolusi kamera yang hadir pertama kali pada ponsel yang dikeluarkan oleh perusahaan asal Jepang Sharp.

$150 harga ponsel berkamera pertama rilisan Amerika, Sprint PM8920.

1 Miliar ponsel berkamera beredar pada tahun 2010.

30% foto yang diambil dari kamera ponsel adalah foto selfie.

Kamera ponsel pertama J-SHO4

Sejarah Kamera Ponsel

Hasil foto Philppe Khan 1997

Philppe Khan yang saat itu menunggu kelahiran putrinya Sophie pada 1997 sangat ingin mengabadikan momen tersebut dengan sebuah foto. Ia ingin mengabadikannya langsung di rumah sakit setelah persalinan selesai. dan membagikannya kepada sanak famili. Akhirnya ia pun menemukan satu cara dengan mengintegrasikan kamera Casio QV-10 dan ponsel Motorola StarTAC yang dihubungkan pada perangkat laptop, cara tersebut berhasil, Phippe pun membagikannya kepada 2000 orang-orang di seluruh dunia. Jadilah Sophie adalah orang pertama yang diambil dengan kamera ponsel, dan sejak itu juga evolusi kamera dimulai.

Timeline Kamera Ponsel

1993: Prototipe kamera ponsel pertama kali diciptakan oleh Daniel A. Henderson dan kini tersimpan di the Smithsonian National Museum of American History.

1997: Philppe Khan berhasil mengintegrasikan kamera dengan ponsel dan membagikannya kepada 2000 orang secara online.

2000: Kamera ponsel pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan asal Jepang dalam seri J-Phone dengan resolusi 0,11 MP memiliki 256 display warna. Ponsel itu memiliki berat 74 gram, dengan dimensi 127x39x17 mm.

2002: Kamera ponsel menjadi tren di Jepang. Sanyo mengeluarkan handphone Sanyo SCP-5300. kamera yang melekat pada handphone keluaran Sanyo ini dilengkapi dengan flash dasar, kontrol white balance, self-timer, zoom digital, dan berbagai efek filter seperti sepia, hitam dan putih, dan warna negatif.

2003: Kamera ponsel sangat populer di Amerika. Di seluruh dunia telah terjual sebanyak 80 juta. Pada tahun ini juga Sony Ericson memperkenalkan ponsel dengan kamera depan dalam seri Sony Ericsson Z1010.

2004: Kamera ponsel pertama di AS rilis dengan kamera1,3 MP. Ponsel ini dilengkapi dengan tombol kamera khusus dan dilengkapi dengan kemampuan multi-shoot.

2005: Kualitas kamera 2 MP dihadirkan oleh Nokia dalam seri N90 bentuk ponsel pun dibuat unik seperti Camcorder. Nokia lalu menguasai pasar ponsel kamera.

2006: Kamera ponsel 5 MP menjadi populer dan menjadi standar untuk setiap kamera ponsel yang keluar saat itu.

2011: Ponsel dengan dua kamera diluncurkan. HTC Evo 3D adalah ponsel pertama yang dilengkapi dengan dua kamera.

2012: Selfie lahir sebagai tren dikalangan masyarakat dunia, hal ini menjadikan kamera pada ponsel semakin berkembang dan digandrungi.

Fakta Kamera Ponsel

Megapixel pada Kamera Ponsel Tidak Mempengaruhi Kualitas Gambar

Memang saat ini kehadiran kamera pada ponsel menjadi fitur utama yang tak bisa dilepaskan. Namun sampai saat ini masih ada yang salah kaprah tentang besarnya megapixel mempengaruhi kualitas kamera yang ada pada ponsel.

Ternyata bukanlah besarnya megapixel yang mempengaruhi kualitas kamera melainkan sensornya. Kombinasi teknologi sensor serta besaran megapixel dan ukuran sensor yang digunakan merupakan elemen utama untuk menghasilkan kualitas gambar yang dihasilkan. Sensor dengan teknologi back-illuminated misalnya yang kini sedang populer karena mampu menangkap cahaya lebih baik sehingga memiliki performa low light yang lebih bagus.

Kamera Ponsel dan Hal Besar

Sejak kehadiran kamera ponsel tak hanya mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya dalam berfoto. Banyak hal besar juga yang mampu ditangkap oleh kamera ponsel dikejadian besar. Kamera ponsel yang bisa dibawa kapan saja dan dapat menangkap momen-momen besar kapan saja menjadi keunggulan tersendiri. Ada beberapa kejadian besar di dunia yang tertangkap oleh kamera ponsel, seperti pada tahun 2004 saat terjadi gempa besar di Samudra Hindia yang menyebabkan Tsunami di Aceh. Sebagian besar pemberitaan global diberitakan oleh jurnalis warga melalui kamera ponsel mereka. Saat jurnalis profesional dan stasiun televisi kesulitan untuk menjangkau lokasi bencana dan mengetahui keadaan terbaru dari lokasi bencana, berkat foto dan video yang disebarkan oleh para warga dari kamera ponsel mereka kabar dan bagaimana perkembangan para korban dapat selalu dipantau. Dari kejadian ini juga lalu muncul dan dikenal istilah citizen journalism.

Kamera Ponsel dan Kesehatan Mental

Kamera ponsel mulai menciptakan sebuah budaya baru dikalangan penggunanya. Sebut saja budaya selfie yang kian populer dan membagikannya pada media sosial. Budaya selife pun direspon cepat oleh perusahaan ponsel dengan menjual kamera sebagai keunggulan mereka dengan menghadirkan kamera yang dapat memberikan hasil foto secemerlang mungkin.

Diikuti semakin populernya aplikasi berbagi foto seperti Instagram dan Snapchat. Kegiatan selfie pun merambah menjadi budaya baru yang mendunia terutama untuk mereka dengan rentan usia 18-24 yang menurut hasil data survei yang dilakukan di Australia menjadi usia yang paling banyak melakukan selfie. Tapi tak selamanya budaya selfie ini baik loh.

Berdasar penelitian yang dilakukan oleh Time, orang yang terobsesi dengan selfie secara psikologi diklaim mengalami gangguan mental. Sebab, hobi memotret diri sendiri bisa disebut sebagai refleksi sikap yang merasa dirinya cantik dan sempurna dibandingkan orang lain. Selain itu, mereka yang seringkali selfie juga terbukti memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Kamera ponsel menjadi sebuah penemuan yang sampai saat ini mengalami perkembangan pesat dan tak hentinya berinovasi. Namun dibalik pesatnya perkembangan kamera ponsel, kita tidak tahu bahwa kamera ponsel diawali dari sambutan manis seorang ayah kepada putri kecilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *