Keeping Art Alive through Agung’s Paintlosophy

Memulai ketertarikan dunia visual dengan membuat desain poster saat SMA, Agung Saputra mengembangkan kemampuannya dalam dunia desain grafis. Moselo Expert ini biasanya terlibat dalam branding untuk advertising. Tapi ia mendirikan Paintlosophy sebagai wadah bagi seniman lainnya untuk tidak hanya berkarya, tapi juga berbisnis.

Bagaimana cara kamu mengembangkan kemampuan ilustrasi?

Menurut saya, perbanyak pembuatan sketchuntuk ilustrasi. Jadi nanti untuk ilustrasi digital pasti akan lebih mudah karena sudah terbiasa untuk membuat sketch dasar. Dan saya kebetulan lebih suka mendesain logo. Hal ini menjadi pengalaman saya. Sebelum masuk digital, saya buat sketch logo dahulu lalu approval ke klien. Soalnya kebanyakan itu orang lebih senang langsung ke digital.

Kamu juga berkecimpung dalam branding dan advertising, bagaimana menyeimbangkan antara permintaan klien dengan idealisme sendiri?

Saat ini saya pun masih bekerja di sebuah perusahaan. Jadi, ya sebisa mungkin harus mengatur jadwal desain untuk kantor dan klien. Desain untuk klien saya kerjakan di rumah sepulang kerja. Kebanyakan sih yang menghubungi saya untuk pembuatan desain logo & branding identity dan yang lama itu kan konsep desainnya. Itu harus sering tek-tokan dengan klien. Sudah oke apa belum.

Menurutmu, apa yang harus dimiliki seorang seniman visual selain skill teknis?

Menurut saya, selain teknis itu harus memiliki taste dan tahu tentang trending desain.

Boleh dijelaskan tentang Paintlosophy? Mengapa kamu memilih hanpainted pada produk fashion seperti ini?

Paintlosophy ini merupakan kontribusi saya untuk terhadap dunia seni. Berawal banyak temen saya yang tanya untuk pembuatan lettering dan ilustrasi di jaket. Ternyata banyak peminatnya.

Saya pun melihat banyak seniman yang berusia 40 tahun ke atas tetapi tidak memiliki penghasilan tetap. Jadi, saya coba melihat dari kebutuhan pasar yang mana cukup banyak juga pecinta denim. Lalu saya coba untuk membuka lapangan pekerjaan untuk seniman tersebut. Saya bentuk dalam sebuah tim.

Saya melakukan pekerjaan untuk approval desain. Setelah itu bersama tim kita diskusikan kecocokan warna jaket dan gambar agar hasil bagus.

Dan untuk canvas bag (tote bag) itu memang handmade dari Paintlosophy. Jadi tim kita merancang tote bag dengan canvas-denim serta kulit. Lalu kita jahit dan bagian tali kulitnya. Saya pun turut serta untuk jahit tangan. Lalu kita lukis.

Apa rencanamu ke depan untuk Paintlosophy?

Rencana kedepannya kita ingin ikut dalam pameran denim dan buka workshopatau storedi daerah Depok. Saat ini kita masih di rumah untuk pengerjaannya.

Dapatkan jaket denim dan totebag dengan ilustrasi handpainted dari Paintlosophy, hanya di Moselo!Tap these pic below to see Paintlosophy from Agung Saputra.

*Artikel ini dimuat di journal.moselo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *