Kiat Profesional Mendapatkan Suasana Inspiratif

Mendapatkan suasana inspiratif menjadi hal yang harus dipertahankan bagi freelancer karena kita bisa mendapatkan ide dengan mudah untuk setiap proyek yang kita kerjakan. Tapi tak jarang kita terjebak di suasana yang membuat kita tak bisa mendapatkan inspirasi. Kalau sudah seperti ini tentu pekerjaan kita akan terhambat.

Kiat-kiat profesional berikut mungkin bisa membantumu untuk tetap dalam suasana inspirasi. Yuk, disimak!

Ambil Beberapa Foto Saat Kamu Sedang Di Luar

Saat kamu sedang berada di luar, perhatikanlah hal-hal sekitar, bisa jadi hal-hal tersebut membawa insipirasi buatmu. Gunakanlah smartphone untuk memotret apa saja yang kamu lihat, entah itu pepohonan, burung-burung, kemacetan, aktivitas orang, gedung-gedung atau apapun.

Ini semua bukan tentang sebuah hasil foto yang bagus, namun tentang menangkap pikiran, tema, kesan, dan perasaan yang kamu lihat langsung.

Lakukan Detox Digital

Kehidupan freelancer tak lepas dari menatap layar gawai. Saat kamu merasa stuck coba berhenti menatap layar gawaimu dan lakukan pekerjaanmu secara tradisional -back to basic, seperti menuangkan melalui buku gambar, pena, pensil, buat beberapa sketsa. Hal itu akan memberikan kamu suasana bekerja yang baru.

Jauhi sejenak rutinitas yang berhubungan dengan gawaimu. Lakukan semuanya secara tradisional, dan lihatlah bagaimana ide-ide mulai mengalir di kepalamu. Melakukan hal tersebut membantumu untuk melihat dengan berbeda dan mendapatkan prespektif berbeda dari apa yang sedang kamu kerjakan.

Urutkan Menjadi Beberapa Hal

Terkadang proyek yang kita kerjakan terlalu besar dan membuat kita tak bisa menemukan benang merahnya. Suasana tersebut membuat kita sedikit kehilangan arah untuk mendapatkan inspirasi. Itu juga akan membuat kamu kewalahan oleh gambaran besar dari proyekmu.

Jika berada di situasi seperti itu, cobalah untuk membaginya menjadi hal-hal kecil secara runut sehingga kamu dapat menemukan benang merah yang dapat membantumu untuk menemukan ide inspirasi.

Jangan Paksakan, Ambilah Jeda

Terlalu memaksakan untuk kreatif itu adalah hal yang salah. Semua orang pernah ada dalam fase seperti itu, tak perlu takut cukup ambil jeda sejenak. Setelah kamu memberikan otakmu istirahat, insiprasi segar pun akan mengalir lagi ke otakmu.

Kita tahu seperti apa pekerjaan kita yang terkadang membuat kita terjaga sepanjang malam dan dibebankan oleh banyak hal yang menguras otak. Cobalah keluar sejenak dan lakukan hal hal lain sampai kamu siap untuk berkarya lagi.

Temukan Sumber Inspirasi Lain

Inspirasi bisa didapat darimana saja di mana pun kamu berada dan dalam apapun bentuknya. Melihat refrensi dari para freelance juga bisa merangsang inspirasi kita. Terutama jika pekerjaan mereka berbeda dengan yang kamu kerjakan. Masuk ke dunia yang baru dapat menghasilkan ide baru.

Lakukan sesuatu yang keluar dari zona nyamanmu. Cobalah menempatkan dirimu di sepatu mereka dan coba lakukan apa yang mereka lakukan. Kamu akan mempelajari hal baru yang dapat mendatangkan inspirasi.

Inspirasi adalah hal emas di setiap proyek yang dilakukan oleh freelancer. Walau terkadang ada saja waktu di mana ia begitu dibutuhkan malah menjadi hal yang sulit didapatkan. Dengan kiat yang telah kamu baca di atas, semoga saja kamu menjadi tahu apa yang mesti kamu lakukan jika inspirasi tak kunjung datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *