Menggarap Fashion Editorial

Fashion photography memiliki banyak bentuk atau format, ada berupa campaign, lookbook, dan salah satunya adalah fashion editorial. Pada fashion campaign yang bersifat komersial, ada rules yang lebih ketat dalam membawakan tema atas produk fashion tertentu. Sementara look book, menekankan pada gagasan fashion dan produk yang ingin ditonjolkan oleh brand.

Photo by Nazar Strutynsky on Unsplash

Gambar untuk editorial biasanya berdampingan dengan tulisan, menggambarkan sebuah ide dari isi konten tersebut. Biasanya dimuat untuk media seperti majalah atau blog yang memuat sebuah ‘cerita’. Dalam fashion editorial, ada lebih banyak ruang bagi fotografer, makeup artist, art director, dan sebagainya untuk lebih bebas berekspresi.

Ciptakan gagasan

Ide, menyampaikan gagasan, menjadi hal utama dalam editorial. Editorial memungkinkan tampilan warna, lokasi, tema, atmosfer, dan, look dari model itu sendiri dapat bebas dieksplorasi. Biasanya, ada sebuah perencanaan editorial yang topiknya dapat berasal dari tim editorial media itu sendiri atau justru diprakarsai para expert di dalamnya.

Photo by Ao on Unsplash

Membuat mood-board

Mood board dapat berupa kumpulan sampel atau contoh hasil akhir yang ingin dicapai. Foto, tulisan, dan material lainnya yang mendukung tim untuk mewujudkan fashion editorial yang diinginkan. Carilah inspirasi sebanyak mungkin dari berbagai media.

Casting model

Sesuai tema dan ide fashion editorial yang ingin dibuat, mencari model adalah pekerjaan menantang. Tidak cukup hanya melihat portofolio model dan bertemu langsung, terkadang fotografer perlu melakukan shoot test secara langsung dan hasilnya bisa didiskusikan bersama tim!

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Lokasi yang mendukung mood

Lokasi juga sangat mendukung keberhasilan sebuah fashion editorial untuk mendukung cerita atau tema yang ingin ditunjukkan. Lokasi indooratau outdoor akan mempengaruhi pada cahaya yang digunakan dan moodseperti apa yang ingin dicapai.

Kumpulan para expert

Banyak expert yang terlibat dalam mewujudkan sebuah fashion editorial. Fotografer, makeup artist, fashion stylist, copywriter, graphic designer, dan sebagainya memiliki peran penting dalam terciptanya fashion editorial. Tapi untuk pemotretan itu sendiri, setidaknya perlu makeup artist, hair stylist, dan clothing stylist, selain fotografer dan model. Dan orang-orang kreatif ini bisa kamu cari dengan mudah di Moselo app!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *