Micky Mouse dari Kartun Hingga Menjadi Ikon

Walt Disney pernah berkata “Ketika orang menertawakan Mickey Mouse, itu karena dia sangat manusiawi; dan itulah rahasia popularitasnya. Saya hanya berharap kita tidak melupakan satu hal – bahwa semuanya dimulai oleh seekor tikus”.

Mickey Mouse diilhami dari tikus yang tak sengaja terpintas dipikiran Walt Disney ketika dalam perjalanannya menuju Hollywood. Lalu dari kejadian itu, ia dengan cepat menggambar sketsa Mickey Mouse di buku gambarnya. Disney memberi nama si tikus itu ‘Mortimer’. Tapi istri Disney tidak menyukai nama itu. Ia lalu menamainya ‘Mickey’ karena terdengar lebih ramah. Cocok dengan karakter tokoh yang ceria, energetik, nakal, dan sedikit pemalu. Setelahnya Mickey dengan cepat berkembang menjadi tokoh kartun paling terkenal di dunia dan menjadi ikon dari Disney. Sosok tikus dengan celana merah ini juga sering kita temui di berbagai keseharian kita mulai dari kaus, tempat makan dan lain sebagainya. Tahun ini Mickey genap berusia 90 tahun, namun karakternya tetap sama populer dan disukai.

Mickey Mouse dalam Digit

$1.772.89, biaya yang dikeluarkan Walt Disney untuk film bisu Mickey Mouse “Planet Crazy” di tahun 1928.

$300, diterima oleh Walt Disney sebagai hak atas gambar Mickkey yang dicetak pada meja tulis sekolah pada tahun 1929.

$2,28 juta, biaya produksi film Mickey Mouse Fantasia (1940), film ini memperkenalkan efek stereophonic sound.

$ 1,5 juta, dikeluarkan General Food untuk dapat menggunakan Mickey Mouse dalam kotak sereal mereka.

$1, nilai mata uang Disney Dollar dengan karakter Mickey Mouse.

$ 3,2 miliar, hasil dari penjualan produk Mickey Mouse dan teman-temannya.

10 nominasi Akademi Award yang didapat Mickey Mouse sejak awal kemunculannya.

Sejarah Mickey Mouse

Pada awalnya, Mickey Mouse adalah karakter yang disempurnakan dari Oswald The Lucky Rabbit karakter ciptaan pertama Disney yang haknya diambil alih oleh  Charles Mintz, pemegang hak distribusi Oswald. Setelah pengambil alihan itu, Walt Disney kemudian bersumpah akan membuat karakter baru dan membuat hak atas karakter tersebut. Karakter pertama yang diproduksi Walt Disney ini yang lalu dimodifikasi oleh Ub Iwerks dan dengan cepat Mickey mendapatkan popularitasnya. Suatu hal yang tak pernah diraih oleh Oswald The Lucky Rabbit. Kesuksesan Mickey Mouse juga berdampak besar kepada Walt Disney hingga ia dapat menguasai industri hiburan.

Disney dan Mickey bergerak menjadi sebuah “alat pemasaran paling sukses di jagad hiburan dari masa kemasa bahkan setelah kepeninggalan Walt Disney sekalipun.

Timeline Mickey Mouse

1928- Ub Iwerks memodifikasi karakter Oswald The Lucky Rabbit, mengubahnya menjadi Mickey Mouse yang diproduksi Walt Disney. Pada tahun ini juga Walt Disney merilis film bisu yang menampilkan Mickey Mouse “Plane Crazy” ini juga menjadi debut bagi Minnie Mouse.

18 November 1928- Film bersuara Mickey Mouse pertama dirilis “Steamboat Willie” di Colony Theater New York. Tanggal ini juga ditetapkan menjadi lahirnya Mickey Mouse.

1930- Mickey Mouse muncul dalam komik strip di bukunya sendiri dan mainan Mickey Mouse mulai diproduksi.

1932- Mickey Mouse memenangkan 2 penghargaan Akademik Award yang salah satunya adalah penghargaan khusus untuk pencipta Mickey Mouse.

1935- Mickey Mouse diberikan warna untuk pertama kali. Pertama kalinya dunia melihat celana pendek merah dan sepatu bot hijau mengkilap menjadi perhatian. Pada tahun ini juga, film technicolor Mickey Mouse rilis dengan judul “The Band Concert”.

1938- Karakter Mickey Mouse dilakukan perubahan dengan menbahkan pupil mata, membuat ekspresi Mickey Mouse lebih kaya.

1955- Disneyland pertama dibuka di California.

15 Desember 1966- Walt Disney wafat.

1978- Mickey Mouse mendapat penghargaan Golden Star di Holly Wood Walk of Fame. Mickey Mouse adalah kartun pertama yang mendapatkan penghargaan ini.

2006- Di usia 78 tahun Mickey Mouse bergabung dengan 21 Century Studio. Sosok Mickey dalam bentuk 3D rilis dalam Mickey Mouse Club House.

Fakta Mickey Mouse

“Hot Dogs!” Kata yang Pertama Diucapkan Mickey Mouse

Mickey Mouse saat awal penciptaannya dan dirilis dalam sebuah film merupakan film bisu layaknya film Charlie Chaplin. Di delapan filmnya Mickey Mouse tak pernah mengeluarkan sepatah katapun walau dalam film sebelumnya ia menunjukan tawa dan jeritannya tapi tidak dengan kata.-kata Namun pada film kesembilannya untuk pertama kali Mickey Mouse memberi tahu pada dunia bahwa dia juga bisa mengeluarkan kata. Dalam film “The Karnival Kid” di tahun 1929 pertama kali Mickey Mouse mengeluarkan kata, kata yang pertama yang ia sebut adalah Hot Dog!. Mickey Mouse sangat menyukai hot dog, bahkan selain meneriakan kata hot dog, dalam film tersebut Mickey juga menari tarian hot dog.

Mickey Mouse Ikon Patriotik pada Perang Dunia II

Saat perang dunia berkecamuk, pemerintah Amerika mengambil sebagian dari studio Walt Disney yang diperuntukan untuk kepentingan perang. Animator, artist, bahkan Walt Disney sendiri terlibat langsung.

Sepanjang tahun 1940-an Disney memproduksi animasi untuk pelatihan perang dengan karkter mereka di dalamnya. Seluruh karkter mereka dijadikan ikon patriotik tak terkecuali Mickey Mouse. Karakter Disney muncul di poster, di buku, dan bahkan di obligasi perang untuk meningkatkan daya tarik mereka kepada anak-anak.

Karakter Disney terutama Mickey Mouse digunakan pemerintah Amerika untuk berbicara atas nama pemerintah. Mereka diasosiasikan sebagai ikon patriotisme dan simbol untuk Amerika. Apa yang diproduksi Disney Studio pada perang dunia II adalah sebuah jendela yang menawarkan bagaimana merek terfavorit Amerika berkontribusi dalam kemenangan bangsa Amerika.

Mickey Mouse, Tikus yang Menjadi Pundi Uang

Tahun ini menandai 90 tahun salah satu kartun paling ikonin sepanjang masa: Mickey Mouse.

Walaupun pada kenyataanya Mickey Mouse bukan lah menjadi karkter inovatif pertama yang diciptakan Walt Disney namun ia merupakan karakter pertama yang mendapat popularitas di dunia.Popularitas dari Mickey Mouse dihargai hingga $ 5.8 miliar, tepatnya. Angka yang fantastis untuk sebuah karakter tikus.

Kepopuleran Mickey Mouse bukan main-main, bahkan popularitasnya mengalahkan karakter fiksi Santaclause. 98% anak dengan rentan usia 3 hingga 11 tahun lebih mengenali Mickey Mouse ketimbang Santaclause. Mickey juga masih menyumbang 40% dari pendapatan perusahaan Disney.

Jadi apakah yang menjadi kunci kesuksesan pemasaran dari Mickey Mouse?

Kemampuan Disney untuk dapat menghubungkan berbagai elemen konsumen dan memimpin pelanggan dengan hal yang melibatkan mereka di dalamnya yang menjadikan Mickey Mouse menjadi sukses tak hanya sebagai kartun tapi juga ikon.

Sejak awal debutnya di 1928, Steamboat Willie animasi dengan musik dan efek suara pertama, ia sudah mencuri hati publik. Dampaknya sangat besar dalam budaya anak-anak saat itu bahkan hingga saat ini. Disney pun memanfaatkan peluang untuk menjadikan Mickey Mouse sebagai produk konsumen. Disney melisensikan Mickey Mouse kepada pihak eksternal untuk menghadirkan Mickey dalam berbagai produk, dan bekerjasama dengan bermacam-macam produk. Mickey Mouse lalu hadir dalam taman rekreasi, komik strip, dan Mickey Mouse Club- semua elemen hiburan yang menghasilkan pundi-pundi pemasukan sembari mempromosikan konten asli dari Mickey Mouse.

Dari rumah mode hingga peralatan rumah tangga, kita bisa melihat bagaimana Mickey Mouse masuk kedalam sendi-sendi kehidupan kita. Bahkan pada ulang tahunnya yang ke 90 tahun ini, Disney menggunakannya sebagai momen pemasaran yang luar biasa. Setiap elemen perusahaan berkotribusi dalam kampanye ulang tahun Mickey Mouse yang bertajuk “Mickey’s 90th Spectacular”.

“Kami ingin merayakan bagaimana karakter kecil ini melampaui batas,” kata Don Mischer dalam wawancaranya via telepon dengan New York Times. Popularitas Mickey tetap sangat stabil selama bertahun-tahun, menurut Henry Schafer, wakil presiden eksekutif untuk Q Scores Company, yang mengukur popularitas selebritis, merek, dan properti berlisensi. Makin menjamurnya taman bermain Disney Land menjadi salah satu alasan hewan pengerat dengan suara melengkingnya ini masih tertanam dalam budaya.

Mickey Mouse yang awalnya menjadi pembuktian dari Walt Disney dengan cerdik berhasil dimanfaatkan lebih dari sekadar apa yang ia proyeksikan di awal. Karkter Mickey berkembang menjadi ikon kartun terfavorit kelas dunia yang tak hanya kita saksiskan melalui layar namun juga disetiap inci keseharian dan kenangan, meninggalkan Oswald yang bahkan tak pernah lagi terdengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *