Momen Bahagia dari Mata Brigita Cindy

Brigita Cindy telah menjadi fotografer profesional selama 8 tahun. Dan karir ini ia jalani dengan sensitivitas tinggi terhadap momen di sekitar. Event dan mome lainnya yang ingin kamu abadikan akan jadi lebih bermakna dengan foto yang ditangkap oleh Moselo Expert ini.

Boleh diceritakan tentang dirimu dan sejak kapan tertarik dengan fotografi?

Hai, Saya Brigita Cindy, panggil saja saya Cindy. Saya menjalani usaha dalam bidang jasa fotografi sebagai seorang fotografer freelance. Sudah 8 tahun lamanya saya belajar dan terus berkarya dalam bidang ini. Awalnya saat saya duduk di bangku SMA, saya tidak pernah sama sekali berpikir ke depannya saya akan jadi fotografer. Saya yang sangat mencintai dunia seni memiliki cita-cita sebagai seorang fashion designer,namun saat itu orang tua saya belum memiliki dana yang cukup untuk membiayai kuliah saya.

Suatu saat, kakak perempuan saya yang berkuliah d LSPR pernah belajar fotografi dan dia tahu satu tempat kursus fotografi di daerah Cideng, kakak saya mengatakan pada saya, “Kamu mau coba nggak kursus fotografi dulu sebelum kuliah? Jadi fotografer tuhenak lho, bisa jalan-jalan ke sana-sini. Saya dan kakak saya datang ke tempat kursus fotografi itu, dan nggak pakai lama langsung daftar aja. Saya belajar selama 9 bulan, dari fotografi hingga digital imaging. Lalu saya langsung bekerja sebagai fotografer freelancedengan dukungan guru dan teman-teman dari tempat kursus. Karena pada dasarnya saya memang mencintai dunia seni, maka tak sulit juga untuk mencintai profesi ini sampai sekarang. Selain menjadifreelance fotografer dengan beberapa teman, saya juga mengerjakan projectsaya sendiri yang base-nya event photography.

Apa yang membuatmu memutuskan untuk menjalani karir sebagai fotografer?

Menjalani karir sebagai fotografer tidaklah mudah, apalagi untuk seorang wanita, kadang harus bangun subuh, sampai rumah subuh lagi. Tapi karena saya memiliki passion di sini, lelah saya terbayar dengan kesenangan saat saya melihat hasil foto sesuai dengan yang saya inginkan. Jadi semua itu karena cinta nya saya dengan dunia seni, yang akhirnya saya putuskan untuk menekuni karir dalam bidang seni fotografi.

Dilihat dari genre foto service list di Moselo, banyak berhubungan dengan event khusus seperti wedding hingga maternity. Mengapa memilih fokus pada foto seperti ini?

Saya pribadi merupakan orang yang sensitif, saya mudah terharu saat melihat momen-momen di sekitar saya, saya suka mengamati setiap momen bahagia, sedih, dan lainnya. Namun bukanlah momen harus berjalan begitu saja, kadang momen juga bisa dibuat seperti mengajak klien bercanda dan tertawa, dan langsung saya abadikan momen tersebut.

Apa tantangan terbesar sejauh ini yang kamu temui untuk menapaki diri sebagai seorang fotografer profesional?

Tantangan terbesar saya adalah saya tidak bisa membuat manajemen yang baik untuk usaha saya, karena saya masih berusaha sendiri dan belum terlalu banyak pengalaman dalam manajemen bisnis.

Menurutmu, apa yang harus dimiliki seorang fotografer selain skill memotret itu sendiri?

Selain skillmemotret seorang fotografer (terutama fotografer event / portrait) harus pandai berkomunikasi dan peka terhadap momen yang terjadi disekitar kita.

Ada fotografer atau karya tertentu dari fotografer lainnya yang benar-benar membuatmu terinspirasi?

Setelah mengenal dunia fotografi ada satu fotografer dari Hongkong yang membuat saya terinspirasi, dia adalah Daniel Tam. Saya sangat menyukai hasil fotonya, namun genre foto Daniel Tam sedikit berbeda dengan saya. Lalu saya juga terinspirasi dari Morden, yang sangat memanfaatkan momen dan mooddalam setiap foto yang mereka abadikan.

Selain tipe foto yang ada di service list Moselo, ada genre fotografi apa lagi yang senang dilakukan?

Saya suka fotografi otomotif, maaf ya agak tomboy. Hahaha.

Ada saran untuk orang-orang yang memiliki passion di fotografi namun ragu menjalani kehidupan sebagai fotografer profesional?

Hmm, sebenarnya kalau sudah jadi passion, hal apapun yang kita kerjakan akan terasa menyenangkan. Dan sekarang bisnis fotografi sedang banyak diminati oleh banyak orang yang belum tentu memiliki passiontersebut. Jadi saya yakin, dengan passionkita akan menghasilkan foto yang lebih baik, bermutu dan bernilai tinggi.

Find Cindy’s artwork on Moselo app by tap this pic below!

*Artikel ini dimuat di journal.moselo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *