Pentingnya Karya Kreatif dan Inovatif bagi Creative Freelancer

Kreatif dan inovatif soal karya memang terdengar klise, namun memang sebuah keharusan. Keuntungannya bisa didapat secara materi dan emosional. Secara materi, karya kreatif, sebisa mungkin berbeda dari orang lain atau memiliki ciri khas, akan sendirinya mendatangkan klien. Secara emosional, proses kreatif ini adalah cara agar tidak jenuh dan scara konstan bisa mempertahankan passion

Mengembangkan ciri khas dalam proses kreatif

Kreatif membuat sesuatu yang unik hingga menemukan ciri khas sendiri adalah tugas yang sulit, apalagi di tengah makin banyaknya orang-orang kreatif.

Fellexandro Ruby— mastermind dari blog Wanderbites, pemilik akun Instagram captainruby, dan Moselo Expert — berbagi tentang pandangannya akan ‘ciri khas karya’.

“Saya pikir orang lain yang dapat menilai perbedaan karya kita dengan orang lain, maka biarkan pasar yang memutuskan. Saya pikir semua orang dalam fotografi memiliki kemampuan teknik dasar yang hampir sama (lighting, styling, komposisi, dll), tapi yang membuat saya berbeda adalah style. Dari sisi style, banyak orang terkungkung pada kategori tertentu. Tapi untuk saya, saya dapat membuat agar karakter saya — cara saya di fotografi — dapat memenuhi keinginan klien dan brand.

Banyak fotografer di luar sana melakukan berbagai pekerjaan di banyak kategori. Saya yakin bahwa jika kita memiliki passion terhadap subjek tertentu, dalam kasus saya adalah food dan travel, rasa cinta yang kamu punya untuk subjek tersebut dapat terlihat melalui foto. Hasilnya akan sangat berbeda jika kamu bekerja hanya karena ingin mendapat proyek, sementara passion dan ketertarikanmu pada hal lain.”

Jadi, menurut Ruby, ada hubungan besar antara hasil karya dengan ikatan emosional karena passion.

Menjadi kreatif dalam berkarya juga bisa dilihat dari situasi, kondisi, dan kemampuan melihat pasar. Moselo Expert asal Malang, Feluxe Floristmisalnya, memulai bisnisnya karena di dekat areanya banyak kampus yang membutuhkan buket bunga.

“Saat itu di Malang, belum banyak florist yang cukup fancy. Jadilah kami membuat Feluxe Florist seperti sekarang.” Buket bunga yang ia buat tampak menarik dengan gaya dan desain penggunaan paper wrap yang ia sesuaikan dengan kebutuhan buket.

Jangan takut untuk berinovasi

Fotografer profesional, Key — dengan brand di Moselo, Portraitbykey pernah berujar bahwa inovasi karya sangat penting. “Meski kita sudah menemukan ciri khas, karya berbeda dari orang lain, suatu saat itu pun akan menjadi tren. Mulai ada yang mengikuti. Kalau yang mengikuti sudah banyak, cari lagi styleyang lain untuk berkreasi. Harus terus inovasi terhadap karya. Begitu seterusnya.”

Sama halnya dengan Feluxe Florist. Kerap merangkai bunga dengan bunga segar, ia merasa waktunya untuk membuat tawaran kreatif lainnya, yatu merangkai bunga kering. “Biasanya kami merangkai dengan fresh flower, jadi waktu ada pesanan untuk dried flower, kami sangat excited. Kami sangat memaksimalkan pengerjaannya. Kami jadi punya pengalaman merangkai dengan dried flower. Bunga yang dikeringkan ini lebih rapuh dan cepat rontok, kami harus lebih berhati-hati.”

Inovasi juga lahir dari adanya tantangan. Ruby merasakan hal tersebut dari klien. “Saya menyukai tantangan. Jadi, ada saat ketika saya melakukan pemotretan dan saya harus menemukan bagaimana tampilan dan ‘rasa’ yang diinginkan klien. Itu adalah permintaan yang membuat saya excited, karena artinya saya sudah mulai melangkah lebih maju lagi.

“Memiliki klien yang sudah tahu apa yang mereka inginkan, dan mempercayakan pada kita untuk mencapainya, adalah yang menginspirasi saya untuk membuat sesuatu yang lebih dan berbeda. Ini adalah kebebasan dan fleksibilitas untuk melakukan apa yang kita inginkan berdasarkan brief, dibandingkan hanya mengerjakan apa yang disuruh dengan detail.”

Pengalaman-pengalaman dari Moselo Expert di atas, membutuhkan keberanian yang lebih untuk tidak ragu berinovasi dalam karya. Bahwa memang mesti ada proses yang dibutuhan untuk menjadi kreatif dan inovatif. Inspirasi karya juga bisa kamu dapatkan di Moselo app dalam halaman ‘Discover’. Be dare to #MakeItWorth!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *