Spongbob SquarePants Menghadapi Kehilangan Terbesarnya

‘Rest in Pineapple’: Fans berkabung atas berpulangnya sang kreator Spongebob SquarePants, Stephen Hillenburg.

Setiap generasi mempunyai satu acara TV populer yang dicintai jutaan orang dengan rasa yang unik dan membuat kita begitu jatuh cinta. Untuk begitu banyak anak di abad 21, acara itu adalah Spongebob SquarePants, kartun Nikelodeon yang mengisahkan kehidupan sponge kuning yang hidup di rumah nanas di dasar laut. Orang dibalik Spongebob SquarePants adalah Stephen Hillenburg. Sayangnya setelah 19 tahun kebersamaan Stephen Hillenburg dan Spongebob harus sudah, sang kreator meninggal pada Senin (26/11/18) karena komplikasi ALS, kabar kepulangan Hillenburg diumumkan secara resmi oleh Nikelodeon.

Spongebob SquarePants dalam Digit

$85,000,000, Pendapatan yang diperoleh film debut Spongebob di seluruh bioskop di Amerika Serikat.

250 episode, yang ditangani Hillenburg untuk kartun Spongebob.

60 bahasa, telah disulih suarakan kartu Spongebob di dunia.

208 negara, Spongebob tayang di 208 negara di seluruh dunia.

12 nominasi, dalam penghargaan Tony Award untuk Spongebob SquarePants.

$ 13 miliar, Pendapatan dari seluruh merchandise Spongebob SquarePants.

Sejarah Spongebob SquarePants

Stephen Hullberg

Mungkin hal ini sedikit yang mengetahuinya, bahwa Spongebob SquarePants adalah ciptaan seorang guru biologi. Iya, Hillenburg adalah seorang guru biologi kelautan yang memulai karir animatornya pada tahun 1980-an. Meskipun telah mendapat bermacam penghargaan berkat animasi buatannya namun Spongebob lah yang membuat nama Hillenburg melambung dan terkenal.

Sejak muda Hillenburg memang sudah mempunyai ketertarikan pada dunia bawah laut, dan suka dokumenter seperti Jacques Cousteau, selain itu juga ia tertarik karya animasi aneh dari Belanda The Killing of an Egg. Dari keahliannya ia bekerja untuk institusi kelautan California untuk membuat animasi edukasi- benih gagasan yang bertahun tahun kemudian melahirkan Spongebob.

Di tahun 1997, dengan kemeja Hawaii sembari membawa terarium ia mempresentasikan spon kuning yang ceria dan teman-teman bawah lautnya yang lain kepada Nikelodeon. Keunikan yang dipancarkan oleh spon telah cukup memenangi hati para eksekutif Nikelodeon, dan lahirlah sebuah kartun yang disukai segala kalangan yang kita kenal dengan Spongebob SquarePants.

Timeline Spongebob SquarePants

1980-an, Karir Hillenburg sebagai animator dimulai, para periode inilah Hillenburg sudah membuat gagasan tentang Spongebob.

1997, Hillenburg mempresentasikan Spongebob kepada eksekutif Nikeledeon.

1 May 1999, Debut Kartun Spngebob di channel Nikelodeon, awalnya ia bernama SpongeBoy namun ternyata nama tersebut telah dimiliki oleh Bob Burden.

19 April 2002, Para produser ingin mengakhiri seri kartun Spongebob dengan sebuah film, namun Nikelodeon menandatangani kontrak baru untuk episode Spongebob.

19 November 2004, Film pertama Spongebob dirilis dengan judul The Spongebob Square Pant Movie.

1 Mei 2005, Spongebob memasuki musim ke 4, episode pertama pada musim ini adalah “Fear of a Krabby Patty”.

2009, Merayakan ulang tahunnya yang ke 10, film dokumenter Spongebob dirilis, membahas tentang awal kartun ini diciptakan dan dampak Spongebob pada budaya pop.

Fakta Spongebob Square Pants

Bikini Bottom adalah Tempat Sungguhan

Sebagai penikmat Spongebob pernah terlintas dipikiran kita, apakah Bikini Bottom benar adanya, atau terletak di bawah laut sebelah manakah Bikini Bottom tempat Spongebob tinggal. Mungkin kita akan memikirkan hal pintas dengan menjawab kalau Bikini Bottom hanyalah hasil imajinasi sang animator layaknya Spongebob dan teman-teman bawah lautnya.

Ternyata, usut punya usut, Bikini Bottom bukanlah sebuah tempat hasil karangan Hillenburg. Bikini Bottom benar adanya, dasar laut itu bernama Bikini Atoll. Sinopsis resmi Nikelodeon dan beberapa penulis Spongebob telah menonfirmasi hal tersebut lokasi Bikini Bottom adalah Bikini Atoll yang ironisnya dikenal secara histori tempat uji coba nuklir.

Spongebob dan Pabrik Meme

Sikotak kuning dengan celananya yang khas bukan hanya menjadi tonton yang bisa kita nikmati, tapi juga telah bergerak menjadi sebuah budaya meme online untuk generasi yang tumbuh dengan internet yang maikn baik seperti sekarang ini.

Bohong jika kamu tak pernah melihat meme Spongebob berkeliaran di lini masamu, kecuali kamu memang tinggal jauh dari peradapan, atau tinggal di balik batu.

“Spongebob adalah salah satu serial televisi paling signifikan dalam sejarah meme.” kata editor Know Your Meme, Don Cadwell, yang menyatakan bahwa ada lebih dari 90 sub-entri dari 290 hasil pencarian yang terkait dengan Spongebob. Lebih banyak dari The Simpsons atau My Little Pony: Friendship Is Magic. Spongebob jelas sudah beresonansi dengan sebagian besar budaya internet tidak seperti yang lainnya,

Alasan mengapa Spongebob begitu dekat dengan pertumbuhan internet mungkin karena Spongebob begitu ekspresif mengkomunikasikan suasana hati dalam satu bingkai membawa kita pada pengalaman berwarna yang universal. Contohnya seperti salah satu adegan Spongebob membuat pelangi dengan tangannya dan ditambahkan kata “Nobady Cares” dengan huruf yang tebal.

Lahirnya internet menjadikan kepopuleran Spongebob semakin luas. Adegan Bikini Bottom telah menjadi lingua franca dunia meme. Walaupun sebagian besar meme tersebut adalah ciptaan sang pembuat konten, tapi tak jarang para kreator tersebut memberikan tributnya kepada Hillenburg.

Senin lalu, ketika Hillenburg berpulang dengan cepat seketika begitu banyak ucapan terimakasih mewarnai pesan di lini masa bukan hanya untuk acaranya saja tapi meme yang keluar darinya. Karakternya tinggal di bawah laut dalam nanas kecil, namun warisannya bertahan di dunia yang lebih besar.

Ode untuk Stephen Hillenburg

Berita kematian Stephen Hillenburg secara resmi diumumkan oleh Nikelodeon, melalui akun resminya.

“Kami sedih untuk berbagi berita tentang meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta Spongebob SquarePants. Hari ini kami mengheningkan cipta untuk menghormati hidup dan karyanya.” Begitu tulis Nikelodeon di akunnya.

Dengan humor dan kepolosannya yang membawa keceriaan dan kebahagiaan di setiap episode, Stephen Hillenburg dan Spongebob mampu merangkul segala generasi dimana-mana. Tidak ada yang bisa menyangkal kalau mereka pasti mempunyai satu kenangan manis pada episode Spongebob SquarePants. Jika ditanya pasti mereka dengan antusias akan menjawab satu episode dari ratusan episode Spongebob yang begitu membekas kepada mereka.

Who lives in a pineapple under the sea? SpongeBob SquarePants!

Kita akan begitu bersemangat jika mendengar potongan lagu itu dan langsung bisa mengenalinya kalau itu Spongebob. Setiap orang yang tumbuh dengan menyaksikan Spongebob dapat menyetujui bahwa Spongebob telah melakukan banyak hal untuk mereka.

Setiap pagi, atau sore Spongebob SquarePants mengantarkan kita pada dunia gelembung, kraby patty dengan resep rahasia yang belum terungkap, dan teman-temannya yang ceria dan penuh rasa optimis tak ada habisnya. Walau terkadang beberapa episode Spongebob dikecam karena terlalu keras.

Spongebob juga mengajarkan kita tentang bahwa betapa setiap orang mempunyai kebaikan dalam dirinya, sejahat apapun hal yang pernah ia lakukan. Ingat ketika Spongebob ingin berteman dengan Plankton, yang selalu berusaha mencuri resep rahasia, Spongebob mencoba mengajarkan Plankton hal-hal baik dan memberitahukan betapa menyenagkannya berbuat baik.

Memang bukan menjadi kali pertama Spongebob SquarePants menghadapi kehilangan, dibeberapa episode Spongebob dikisahkan mengalami kehilangan, dari spatula, Jaring ubur-ubur OL-reieble, Gary, bahkan juga sahabat terbaiknya Patrick. Namun semua itu bisa kembali seperti sediakala, tapi kali ini Spongebob mengalami kehilangan yang berbeda, kehilangan sang penciptanya yang tak mungkin ia dapatkan lagi. Tapi, seperti yang sudah-sudah Spongebob mampu mengambil hikmah dibalik segala kehilangannya, semoga begitu juga dengan yang ini.

Apa yang Stephen bawa lewat Spongebob adalah sebuah nostalgia manis, sepertinya kami berhutang besar atas kebahagiaan masa kecil yang terus hidup hingga kami menjadi dewasa kepadamu Hellenburg. Kau akan dikenang sebagaimana humor dan realita yang dibawa ke dalam premis fantasi di Spongebob SquarePants.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *