Stand Out From Crowd- Ralph Waldo Emerson

Insist on yourself; never imitate. Every great man is unique.- Ralph Waldo Emerson, Writer and Speaker

Ralph Waldo Emerson dan Kehidupannya

Ralph Waldon Emerson yang lahir pada 25 Mei 1803 adalah salah satu orang yang berpengaruh di Amerika pada abad 19. Lewat tulisannya, Ralph memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan sastra di Amerika.

Lahir dari ayah seorang menteri, Ralph dikenal sebagai pemikir yang kontroversi. Pada tahun 1837 Ralph menyampaikan sebuah pidato dengan judul The American Scholar yang oleh Oliver Wendell Holmes, Sr dianggap sebagai deklarasi intelektual Amerika. Tulisannya dan persona publiknya membawa pengaruh besar bagi beberapa penulis ternama di dunia kesusastraan Amerika, sebut saja Walt Whitman dan Henry David Thoreau.

Saat umurnya 18 tahun, Ralph memutuskan untuk menikah dengan kekasihnya Ellen Louisa Tucker. Sayangnya kebahagian Ralph muda hanya sebentar, dua tahun kemudian Ellen meninggal dunia karena TBC. Peristiwa ini sangat mengguncang Ralph. Kematian istrinya membuat Ralph meragukan agamanya dan dia pun memutuskan mundur dari jabatannya di gereja.

Tahun 1840-an menjadi tahun produktifnya, pada tahun ini ia mendirikan sebuah majalah The Dial, dan menerbitkan sejumlah esai yang sebelumnya menjadi bahan ceramahnya. Di masa tuanya, Ralph tetap aktif menulis, lebih banyak menulis puisi. Ia meninggal karena sakit paru-paru yang dideritanya pada tahun 27 April 1882, di Concord.

Ralph dan Perbudakan

Ralph seorang yang sangat menentang perbudakan. Pada tahun 1844 ia secara vokal terlibat dalam gerakan anti perbudakan. Selama bertahun-tahun ia berbicara menentang perbudakan. Pada tahun 1859 ia memberikan sebuah pidato yang memuji menyingkirkan perbudakan dengan sangat berapi-api John Brown. Bahkan ia juga membantu para budak untuk melarikan diri ke Kanada melalui Underground Railroad.

Ia juga mengutuk perang saudara yang dicanangkan pada pemerintahan presiden Lincoln, walau awalnya ia termasuk pendukung Lincoln. Ia merasa kecewa dengan hal tersebut yang menurutnya justru melanggengkan perbudakan bukan menghapusnya.

Standing Out From Crowd

Insist on yourself; never imitate. Every great man is unique adalah sebuah kutipan terkenal dari Ralph Emerson yang terdapat dalam esainya yang terkenal ‘Self-Reliance’ terbit pada tahun 1841.

Lewat esai dan kutipan itu Ralph ingin menekankan bahwa tiap orang hebat itu unik, yang perlu dilakukan yaitu dengan menunjukannya karena Ralph percaya keunikan adalah sebuah karunia dari sang pencipta.

Banyak dari kita menjalani hidup mencoba untuk menjadi seperti orang lain atau mencoba meniru seseorang yang kita kagumi. Tidak apa-apa untuk mengagumi orang-orang hebat tetapi, kamu harus tetap setia pada dorongan batin kamu sendiri dan mengembangkan bakat mu alih-alih menyalin semua orang yang ada di sekitar kita. Sebagian dari kita mungkin takut untuk menjadi individu yang berbeda, takut bagaimana orang akan melihat kita, takut apa yang akan dikatakan orang dengan keunikan kita, kritikan terlalu tajam untuk kita dengarkan daripada coba untuk kita cerna. Sehingga kita menjadi peniru yang hebat dan tak bisa dilepaskan dari itu.

 

Bagi kita sebagai seorang individu, menjadi unik dan beda adalah cara kita untuk membedakan diri kita dengan yang lainnya, termasuk juga dalam hal yang sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan kita. Apa yang membuat kita unik? apakah kita memiliki ciri khas tertentu? Memutuskan bagaimana kita “stand out from crowd” membuat kita akan terlihat sebagai pribadi yang kuat secara individu. Kita menjadi seorang yang ternilai dari yang lain, sebuah nilai yang tak bisa ditemukan disiapapun.

Karena kita bukanlah satu dari sekian kerumunan yang terbawa arus. Kita adalah tiap individu yang berdiri di jalurnya sendiri, dan bangga lah atas itu. Ralph dengan berani dan tegas mengingatkan hal tersebut kepada kita agar kita tak terkurung dalam keseragaman saja dan berani menunjukan keunikan yang telah dikaruniai sang pencipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *