Taktik Jitu Mendapatkan Proyek Freelance

Apapun bidang yang kamu kerjakan sebagai freelancer, banyak cara yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan proyek freelance. Tantangan yang paling besar bagi para freelancer, bukan?

| Buat diri dan karyamu gampang ditemukan!

Sebagus apapun karyamu atau sehebat apapun keahlianmu, jika tidak pernah dipublikasikan, maka orang lain tidak akan pernah tahu. Cara paling efektif dan efisien adalah memanfaatkan dunia digital. Buat akun dimana kamu bisa memamerkan karyamu, social media, atau mobile app yang memungkinkanmu menaruh portofolio dan mencantumkan kontak. Jangan lupa untuk terus meng-update akunmu agar terlihat bahwa kamu aktif berkarya.

Ada trik jitu lainnya yang didapat dari Moselo Expert, food photographer, dan creativepreneur, Fellexandro Ruby. Buat agar diri dan karyamu dapat ditemukan dengan mencolok di Google saat orang lain melakuan pencarian jasa yang kamu tawarkan. Jika kamu wedding photographer yang merintis perusahaan dan brand sendiri misalnya, daftarkan kantor atau alamat domisili mu di Google Maps. Dengan harapan, saat orang lain mengetik ‘wedding photographer di [lokasi]’, kamu punya kesempatan untuk muncul di bagian atas halaman Google.

| Memperluas jaringan pertemanan dan bisnis dengan ‘menciptakan’ klien.

Berdiam diri saja menunggu dapat klien setelah mengupload portofolio, tidak akan menjamin apa-apa. Ikuti banyak seminar atau komunitas dimana kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang berpotensi untuk berkolaborasi denganmu menciptakan proyek-proyek yang dibutuhkan atau menarik.

“Menciptakan” klien sendiri bisa jadi awalan yang bagus jika kamu memang belum punya networking ke klien manapun. Buat sebuah proyek menarik yang bisa kamu kerjakan atau dibutuhkan kenalanmu — teman, misalnya — tanpa banyak mengeluarkan sumber daya. Kerjakan dengan tawaran rendah kalaupun memang kamu sama sekali tidak bisa mengerjakannya dengan gratis. Dengan hasil maksimal dan niat yang baik untuk membantu, karya yang bagus dan profesionalitasmu akan menyebar dari mulut ke mulut dan mendatangkan kesempatan untuk dipercaya orang lain mengerjakan proyek.

Jangan lupa untuk membatasi sampai mana kamu bisa mengerjakannya dengan ‘tawaran rendah’, hingga akhirnya bisa set tawaran yang sepantasnya.

| Melihat peluang di industri bahwa kamu bisa memenuhi yang mereka butuhkan

Ada banyak orang yang mungkin memiliki keahlian yang mirip denganmu. Apalagi dunia kreatif semakin berkembang dan banyak talenta-talenta baru. Selain bersaing dengan kualitas karya kamu harus pandai menangkap peluang tentang apa yang dibutuhkan industri. Jadi, buat tawaran service yang memang bisa menjadi solusi bagi orang banyak.

Para desainer grafis yang menawarkan service di aplikasi Moselo misalnya, membuat tawaran paket untuk mengerjakan desain gambar untuk dipost di media sosial. Hal yang memang dibutuhkan oleh banyak organisasi atau perusahaan — dalam beragam skala — di era media sosial seperti sekarang. Banyak contohnya yang bisa kamu lihat di aplikasi creative service marketplace Moselo.

Maka, sekarang adalah waktumu untuk membuat tawaran menarik bagi mereka yang membutuhan jasamu, membuat proyek yang bisa kamu kerjakan sebagai freelancer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *