Yang Cuma Bisa Kamu Dapatkan Dari Freelancer

Makin berkembangnya bidang freelance membuat mereka semakin dilirik oleh perusahaan. Menggunakan jasa freelancer memungkinkan perusahaan untuk lebih efesien dan meningkatkan produktivitas kerja. Namun kamu atau perusahaan terkadang ragu untuk bekerjasama dengan freelancer karena beberapa alasan tertentu. Untuk menghilangkan keraguan kamu, kita berikan penjabaran tentang keuntungan yang kamu bakal dapatkan saat bekerjasama dengan freelancer dan juga hal apa saja yang perlu ditanyakan ketika ingin bekerjasama dengan freelancer.

Menemukan Pekerja dan Hasil yang Ideal

Bekerjasama dengan freelance memberikan kamu pilihan pekerja yang spesifik sesuai kebutuhan. Selain akan mendapatkan pekerja yang spesifik, kamu juga akan mendapatkan hasil yang lebih segar dan objektif karena dilakukan oleh mereka yang tidak mempunyai ikatan dengan perusahaan. Mereka akan lebih bebas memberikan ide tanpa takut akan hierarki. Ketika mempekerjakan freelancer, kamu juga mendapatkan cara terbaik untuk berkomunikasi sehingga mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Menghemat Waktu dan Finansial

Ketika kamu bekerjasama dengan freelancer, kamu akan diuntungkan dengan pengeluaran yang lebih hemat. Jika perusahaan kamu sedang membutuhkan sebuah pekerja untuk proyek yang tidak berlangsung lama, ketimbang merekrut karyawan baru yang juga akan memakan waktu, akan sangat tepat bila proyek tersebut dipegang oleh freelance yang bisa ditemukan dalam situs situs penyedia freelancerPerusahaanmu cukup membayar berdasarkan proyek. Tidak perlu membayar tunjangan ini dan itu seperti yang didapat karyawan tetap.

Fleksibel

Bekerja dengan freelancer berarti kamu sedang bekerja dengan mereka yang tidak terikat hari kerja dan jam kerja. Sehingga mereka akan lebih fleksibel dari segi waktu. Ketika kamu membutuhkan mereka untuk memberikan saran atau revisi, mereka akan selalu mengupayakan waktu mereka untuk bertemu atau sekadar komunikasi via chat. Asalkan masih sesuai dengan perjanjian yang ada dalam kontrak.

Mempercepat Pertumbuhan Perusahaan

Perusahaan tentu saja menginginkan apa yang mereka kerjakan mendapatkan hasil positif yang berpengaruh pada pertumbuhan bisnis. Mempekerjakan seseorang yang handal adalah salah satu caranya.

Di sinilah freelance dibutuhkan.

Memperkerjakan freelance yang tidak punya keterikatkan dengan suatu perusahaan atau organisasi tertentu membuat mereka terus melakukan pengembangan diri yang berguna untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk terus bisa mendapatkan proyek baru. Dari sini pengembangan diri dan kemampuan freelance akan cepat membuat kamu mencapai target yang diharapkan dalam proyek tersebut. Pengalaman mereka yang pernah menangani pekerjaan yang beragam juga menjadi keunggulan mereka yang mungkin juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan kamu.

Setalah kamu mengetahui keuntungan yang kamu dapat jika bekerjasama dengan freelancer. Lalu, bagaiamana cara agar bisa mendapatkan pekerja freelance sesuai dengan harapanmu? Berikut hal yang bisa kamu tanyakan kepada calon freelancer sebelum memutuskan untuk bekerjasama.

Tanyakan Tentang Portofolio

Portofolio dalam dunia freelancing menjadi sebuah hal yang sangat penting karena portofolio tersebut menceritakan seberapa handal dan berpengalaman seorang freelance. Melihat portofolio mereka kamu dapat melihat sejauh apa pengalaman dan keterampilan dari freelancer. Tanyakan juga tentang pekerjaan mana yang paling mereka sukai, dan mengapa. Hal ini dapat memberikan kamu pengetahuan lebih dalam tentang karya mereka. Hal tersebut dapat membantumu menemukan freelancer yang sesuai dengan tujuan perusahaan, dan juga melihat kecocokan gaya freelance dengan apa yang diharapkan.

Bagaimanakah Cara Freelancer dalam Menangani Masalah

Setiap freelancer harus membentuk pemahaman terhadap apa yang dibutuhkan kliennya masalah yang perlu dipecahkan sebelum terjun langsung menangani proyek. Tanyakanlah bagaimana mereka memecahkan sebuah permasalahan, lihat bagaimana mereka memberikan solusi. Mengetahui bagaimana mereka menjawab pertanyaan dapat melihat cara kerja mereka, seperti apa proses mereka dalam menyelesaikan sebuah proyek.

Jangka Waktu Pengerjaan

Biasanya, freelancer tidak hanya mengerjakan satu proyek saja. Untuk itu, pertimbangan waktu mereka dalam mengerjakan proyek sangat lah penting karena menentukan pencapaian tujuan kita juga. Pertama kamu jelaskan tentang rincian proyekmu penting untuk tanyakan seberapa lama waktu yang dibutuhkan freelancer untuk menyelesaikan itu. Tanyakan juga, bagaimana jika freelancer melewati waktu tersebut. Ini dapat memilimalisir kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam proses pengerjaan.

Dari beberapa keuntungan yang bisa dirasakan dari bekerjasam dengan freelancer dan hal yang dapat kamu tanyakan ketika ingin bekerjasama dengan mereka semoga dapat memberikan pengalaman baru dan menghilangkan keraguanmu tentang pekerja freelancer.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *